Bahaya Bergadget Ria

13 Nov 2011

Punya teknologi canggih ternyata bahaya juga, nah loh kok bisa? Yeps, kenyataannya teknologi yang selalu bikin kita merasa mudah di segala bidang ternyata bisa menyebabkan penyakit yang terkadang tidak kita sadari. Salah satunya, terlalu sering menggunakan smartphone atau tablet bisa bikin sakit di daerah leher atau bahasa lainnya “text neck”. Gejala ini di rasakan oleh orang yang terlalu sering menundukkan kepala waktu asyik menggunakan telepon seluler, layar komputer atau tablet. Text neck cenderung disebabkan karena peregangan leher pada jangka panjang sehingga menyebabkan kerusakan permanen artritis.

texting

Semakin lama menundukkan kepala otot-otot akan tertekuk sehingga akan terasa sakit saat diluruskan. Karena sendi dan jaringan di leher tak terlalu kuat untuk menahan posisi membungkuk dalam waktu yang lama, sehingga timbul rasa nyeri. Keadaan ini juga dapat menyebar ke sakit kepala, lengan bahu, dan nyeri pergelangan tangan. Jika seseorang terus menurus tetap pada kondisi ini, dapat dipastikan resikonya akan lebih serius. Dan terlebih pada kasus ini anak-anak akan lebih berisiko terkena text neck. Sebab berat kepala mereka lebih besar dari tubuh.

Namun sebagai langkah preventifnya, kondisi ini dapat dihindari dengan beristirahat setiap 10 menit, duduk lurus ke depan dengan memegang telepon atau tablet sedikit lebih tinggi sehingga posisi tablet setingkat dengan mata. Selain itu, olahraga teratur dan tidak mengabaikan rasa sakit yang muncul akan mencegah penyakit.
Jadi, selalu berwaspadalah saat terlalu asyik ketika bergadget ria hehe :)


TAGS Fonega sakit kepala pusing nyeri smartphone kesehatan teknologi tablet Handphone Gadget text neck telepon seluler artritis peregangan leher sendi komputer


-

Search

Follow Me

Recent Post