Nikmatnya Menguap

25 Mar 2012

HOOOAAAAAM, begitulah bunyinya. Menguap terkadang identik dengan mengantuk. Tim peneliti Universitas Binghamton menyimpulkan bahwa menguap ada hubungannya dengan suhu di otak kita. Artinya, menguap berfungsi untuk mendinginkan otak kita.

menguap
Loh kok bisa?
Karena otak kita bekerja seperti halnya komputer.

Maksdunya?
Sebuah komputer kan bisa beroperasi dengan efisien bila tetap dingin. Karena itulah dibutuhkan komponen seperti kipas, heatsink, agar komputer tidak cepat panas dan berhenti bekerja.

Terus hubungannya sama otak?
Sama seperti otak, pemanasan yang terjadi lewat aktifitas berpikir dan bergerak membuat suhu di otak jadi meningkat sangat tajam. Alhasil menguap jadi solusi untuk mengembalikan suhu yang stabil bagi aktifitas otak itu sendiri. Disamping itu, menguap juga bisa menjadi bagian dari sebuah momen transisi dalam otak.

Maksudnya lagi?
Seperti misalnya pada periode sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Kondisi seperti multiple sclerosis (melibatkan disfungsi thermoregulatory), migrain dan kejang epilepsi ditengarai juga menjadi penyebab serangan menguap yang berlebihan.

Terus kok bisa nular?
Para peneliti meyakini, itu terkait dengan sugesti, juga menunjukkan bahwa menguap cenderung ke arah empati (mencoba memahami sebuah berhubungan dengan orang lain).


TAGS Fonega stimulator otak Add new tag komputer menguap menguap menular thermoregulatory epilepsi heatsink


-

Search

Follow Me

Recent Post